Hewan Yang Paling Pintar

Sebagai manusia, Kita  bangga menjadi pemikir dan cerdas mendominasi spesies. Hal ini telah mengangkat kita ke puncak rantai makanan, tetapi banyak populasi hewan juga telah berhasil dalam penangkaran, mengembangkan dan beradaptasi dengan dunia dan kondisi iklim. It is amazing untuk melihat bahwa beberapa binatang benar-benar memiliki arti tertentu fenomena alam yang tidak diketahui manusia. Contoh terbaik dari hal ini adalah Samudra Hindia 2004 gempa bumi dan tsunami. Banyak jenis binatang terlihat menuju bukit sebelum bahaya tsunami jelas bagi manusia. Populasi hewan jauh lebih pintar maka banyak manusia untuk memberi mereka kredit. Mereka memiliki bahasa, perilaku, aturan, dan tujuan untuk kelangsungan hidup. Berikut adalah daftar Top 10 Terpintar Hewan dan alasan mengapa mereka begitu istimewa.

1.       Gajah
Dari semua jenis gajah yang ada di seluruh dunia ini, baik itu Bush Gajah Afrika, Gajah hutan Afrika, dan Gajah Asia, diyakini memiliki kepintaran yang sama. Gajah memiliki berbagai macam indera yang tajam, terutama pendengaran dan memorinya. Otak gajah merupakan otak terbesar dari semua makhluk darat yang hidup saat ini.
Kemampuan memori gajah dapat dibuktikan dari bagaimana mereka mengingat rute dan jarak tempuh perjalanan mereka, mengingat anggota satu koloni, dan kemampuan mereka membedakan panggilan untuk masing-masing gajah lainnya. Gajah bahkan dapat memanggil gajah lainnya dalam jarak berkilo-kilo meter dengan suara teriakan, suara terompet, atau dengan panggilan melalui tanah.
Gajah pun memiliki psikologi yang hampir mirip dengan manusia, mereka dapat tertawa, menangis, dan marah. Tidak heran gajah banyak dijadikan lambang kebijaksanaan oleh beberapa budaya tua di dunia. Di Sekolah Gajah di Lampung, gajah dilatih untuk dapat mengenali berbagai bentuk, melakukan atraksi, dan bahkan melukis gajah lainnya!
2.       Lumba-lumba Botol
Keluarga yang dr bangsa ikan paus, yang terdiri dari lumba-lumba dan ikan paus dianggap sebagai hewan paling cerdas yang menghuni lautan. Dolphin yang botol hidup di perairan hangat di seluruh dunia dan merupakan spesies paling cerdas lumba-lumba. Ini memiliki otak yang sangat besar dan cerebral cortex dan lobus frontalis adalah 40% lebih besar kemudian manusia. Korteks serebral adalah bagian otak yang bertanggung jawab untuk komunikasi sosial, abstrak pengolahan informasi, pemecahan masalah, dan
kecerdasan tuas yang lebih tinggi. Lumba-lumba botol sangat mudah dilatih. Mereka telah ditemukan memiliki kemampuan untuk berpikir, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami ide-ide, dan belajar dari pengalaman sebelumnya. Mereka menggunakan echolocation untuk berburu mangsa dan bentuk-bentuk tertentu berderit dan peluit untuk berkomunikasi dengan satu sama lain.
3.      Tikus
Tikus merupakan salah satu hewan yang sangat cerdas, menjadi hewan favorite ilmuwan sebagai obyek penelitian di laboratorium. Mempunyai rentang umur 1-3 tahun sehingga menjadikannya kaya
pengalaman. Tikus dikatakan kategori hewan yang cerdik karena tidak akan terjebak dalam perangkap sebanyak 2 kali. Apabila ada tikus yang masuk dalam perangkap maka ia akan mencicit sebagai pertanda kepada kawan-kawannya agar jangan mendekati daerah tersebut.
Mereka memiliki indera penciuman dan pendengaran yang luar biasa. Sehingga dapat mengenal berbagai makanan beracun, enak, pahit dll. Tikus sangat cerdas dalam menemukan jalan pintas, celah dan melarikan diri atau kejaran manusia dengan gesitnya. Mereka juga perenang yang tangguh dapat bertahan di air dalam waktu yang sangat lama, bahkan bisa sampai berhari-hari. Mereka dapat menemukan jalan keluar dalam taman labirin yang rumit dalam waktu yang cepat. Tikus juga mahluk social yang mempunyai sifat ekspresif seperti tertawa atau mencicit bahkan juga bisa stress.
4.       Gurita
Semua jenis cumi atau makhluk bertentakel diketahui memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah, tetapi untuk gurita adalah luar biasa! Makhluk kedalaman laut ini memiliki otak yang cukup besar dengan sensor syaraf yang memungkinkan bagi mereka untuk berpikir secara cepat.
Dari berbagai percobaan yang diberikan ilmuwan, misalnya menaruh kepiting di dalam toples, gurita dapat membuka dan menangkapnya. Terkadang bahkan mereka dapat ditemukan di dalam lambung kapal sedang menangkap kepiting.
Gurita terbesar yang pernah ditemukan seberat 273 kilogram dan dengan rentang tubuh mencapai 30 meter!


5.        Simpanse
Hewan paling cerdas adalah kera besar, simpanse. Kemampuan intelektual hewan ini mengesankan dan telah lama manusia terpesona olehnya. Mereka dapat membuat dan menggunakan alat-alat, berburu secara kolektif, contohnya mereka membuat tombak untuk berburu kelinci, memetik buah dengan galah, memecah kacang dengan batu. Mereka hidup berkelompok, bersosialisasi bahkan berorganisasi. Mereka dapat diajarkan menggunakan computer dalam memecahkan masalah numeric.

Baru-baru ini, simpanse terlihat mengajar bahasa isyarat untuk bayi mereka tanpa campur tangan manusia. Mereka sering menggunakan manipulasi mental di dalam keluarga mereka. Proyek Genom selesai pada tahun 2005. Hal ini menunjukkan bahwa simpanse saham 98% genetik DNA yang sama seperti manusia. Itulah mengapa Hollywood sangat sering menjadikannya bintang pada film-film mereka. 

Previous
Next Post »

8 komentar

Click here for komentar
Anonim
admin
Rabu, 01 Mei 2013 pukul 20.41.00 WIB ×

Nomor 5 ngakak :v

Reply
avatar
Anonim
admin
Senin, 06 Mei 2013 pukul 01.54.00 WIB ×

ane pilih gajah gan :)

comeback yah

Reply
avatar
Unknown
admin
Minggu, 12 Mei 2013 pukul 12.40.00 WIB ×

Sepintar apapun hewan, masih jauh lebih pintar manusia. Ngomongin yang pintar-pintar, visit blogku yah, sinyalpintar.blogspot.com dan jangan lupa komen.

Reply
avatar
Anonim
admin
Kamis, 27 Juni 2013 pukul 17.22.00 WIB ×

baru tahu aku gan kalau hewan juga pintar.. nice infonya jangan lupa coment back and ditunggu follownya

Reply
avatar
Anonim
admin
Kamis, 27 Juni 2013 pukul 17.25.00 WIB ×

baru tahu saya mas kalau hewan itu pintar nice infonya, visit back yah n follow

Reply
avatar
Unknown
admin
Selasa, 02 Juli 2013 pukul 20.03.00 WIB ×

pintarnya hanya sekedar gan..

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang mengarah pada artikel di atas. Jangan berkomentar yang mengandung Spam. Terima kasih atas kunjungannya. dan jangan lupa tinggalkan link anda di BUKU TAMU yg tersedia di sebelah kanan Blog. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment